Senin, 14 Oktober 2013

ETIK PELAYANAN KESEHATAN KELUARGA

Dr. Suparyanto, M.Kes


ETIK PELAYANAN KESEHATAN KELUARGA

2.2.1.   Etik Pelayanan Kesehatan Keluarga
A.   Pengertian Etik
       Kesepakatan tentang praktik moral, keyakinan, sistem nilai, standar perilaku individu dan atau kelompok tentang penilaian terhadap apa yang benar dan apa yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk, apa yang merupakan kebajikan dan apa yang merupakan kejahatan, apa yang dikendaki dan apa yang ditolak.
B.   Pengertian Etika Keperawatan
       Kesepakatan/peraturan tentang penerapan nilai moral dan keputusan-keputusan yang ditetapkan untuk profesi keperawatan (Wikipedia).
C.   Prinsip Etik Keperawatan
1.    Respect (Hak untuk dihormati)
Perawat harus menghargai hak-hak pasien/klien
2.    Autonomy (hak pasien memilih)
Hak pasien untuk memilih treatment terbaik untuk dirinya. Prinsip otonomi didasarkan pada keyakinan bahwa individu mampu berpikir logis dan mampu membuat keputusan sendiri. Orang dewasa dianggap kompeten dan memiliki kekuatan membuat sendiri, memilih dan memiliki berbagai keputusan atau pilihan yang harus dihargai oleh orang lain. Prinsip otonomi merupakan bentuk respek terhadap seseorang, atau dipandang sebagai persetujuan tidak memaksa dan bertindak secara rasional. Otonomi merupakan hak kemandirian dan kebebasan individu yang menuntut pembedaan diri. Praktek profesional merefleksikan otonomi saat perawat menghargai hak-hak klien dalam membuat keputusan tentang perawatan dirinya.
3.    Beneficence (Bertindak untuk keuntungan orang lain/pasien)
Kewajiban untuk melakukan hal tidak membahayakan pasien/ orang lain dan secara aktif berkontribusi bagi kesehatan dan kesejahteraan pasiennya. Beneficience berarti, hanya melakukan sesuatu yang baik. Kebaikan, memerlukan pencegahan dari kesalahan atau kejahatan, penghapusan kesalahan atau kejahatan dan peningkatan kebaikan oleh diri dan orang lain. Terkadang, dalam situasi pelayanan kesehatan, terjadi konflik antara prinsip ini dengan otonomi.
4.    Non-Maleficence (utamakan-tidak mencederai orang lain)
Kewajiban perawat untuk tidak dengan sengaja menimbulkan kerugian atau cidera
Prinsip: Jangan membunuh, menghilangkan nyawa orang lain, jangan menyebabkab nyeri atau penderitaan pada orang lain, jangan membuat orang lain berdaya dan melukai perasaaan orang lain.
5.    Confidentiality (hak kerahasiaan)
Menghargai kerahasiaan terhadap semua informasi tentang pasien/klien yang dipercayakan pasien kepada perawat.
6.    Justice (keadilan)
Kewajiban untuk berlaku adil kepada semua orang. Perkataan adil sendiri berarti tidak memihak atau tidak berat sebelah. Prinsip keadilan dibutuhkan untuk terpai yang sama dan adil terhadap orang lain yang menjunjung prinsip-prinsip moral, legal dan kemanusiaan. Nilai ini direfleksikan dalam prkatek profesional ketika perawat bekerja untuk terapi yang benar sesuai hukum, standar praktek dan keyakinan yang benar untuk memperoleh ekualitas pelayanan kesehatan.
7.    Fidelity (loyalty/ketaatan)
o   Kewajiban untuk setia terhadap kesepakatan dan bertanggungjawab terhadap kesepakatan yang telah diambil
o   Era modern, pelayanan kesehatan: Upaya Tim (tanggungjawab tidak hanya pada satu profesi). 80% kebutuhan dapat dipenuhi perawat
o   Masing-masing profesi memiliki aturan tersendiri yang berlaku
o   Memiliki keterbatasan peran dan berpraktik dengan menurut aturan yang disepakati.
8.    Veracity (Truthfullness & honesty)
o   Kewajiban untuk mengatakan kebenaran.
o   Terkait erat dengan prinsip otonomi, khususnya terkait informed-consent
o   Prinsip veracity mengikat pasien dan perawat untuk selalu mengutarakan kebenaran.
D.   Contoh  Issue Etik Dalam Kehidupan Sehari – hari
a.    Persetujuan dalam proses melahirkan.
1.    Memilih atau mengambil keputusan dalam persalinan     
2.    Kegagalan dalam proses persalinan     
3.    Pelaksanan USG dalam kehamilan
4.    Konsep normal pelayanan kebidanan     
5.    Bidan dan pendidikan seks      
b.    Contoh masalah etik yang berhubungan dengan teknologi
1.  Perawatan intensif pada bayi   
2.  Skreening bayi
3.  Transplantasi organ     
4.  Teknik reproduksi dan kebidanan.      
c.    Contoh masalah etik yang berhubungan dengan profesi    
1.    Pengambilan keputusan dan penggunaan etik     
2.    Otonomi bidan dan kode etik professional      
3.    Etik dalam penelitian kebidanan      
4.    Penelitian tentang masalah kebidanan yang sensitif   
d.    Biasanyan beberapa contoh mengenai isu etik dalam pelayananan kebidanan adalah berhubungan dengan masalah-masalah sebagai berikut:  
1.      Agama / kepercayaan
2.      Hubungan dengan pasien
3.      Hubungan dokter dengan bidan
4.      Kebenaran   
5.      Pengambilan keputusan    
6.      Pengambilan data    
7.      Kematian Kerahasiaan     
8.      Aborsi    
9.      AIDS  
10.   In_Vitro fertilization
E.   Contoh Issue Moral
       Moral merupakan pengetahuan atau keyakian tentang adanya hal yang baik dan buruk yang mempengaruhi siakap seseorang.  Kesadaran tentang adanya baik buruk berkembang pada diri seseorang seiring dengan pengaruh lingkungan, pendidikan, sosial budaya, agama, dll. Hal ini yang disebut kesadaran moral.  Isu moral dalam pelayanan kebidanan merupakan topik yang penting yang berhubungan dengan benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari yang ada kaitannya dengan pelayanan kesehatan.
       Beberapa contoh isu moral dalam kehidupan sehari-hari:  
a.    Kasus abortus     
b.    Euthanansia      
c.    Keputusan untuk terminasi kehamilan
d.    Isu moral juga berhubungan dengan kejadian luar biasa dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang menyangkut konflik dan perang

DAFTAR PUSTAKA

  1. Dian Roslan Hidayat S.Kep M.Kes Direktur Utama Intan Nursing Center Garut.Tren Dan Isu Mutakhir Praktek Perawat.
  2. Guwandi, J. 2005. Rahasia Medis. Jakarta: Balai Penerbit FKUI
  3. Hanafiah, M.Jusuf dan Amri Amir. 1998. Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan.    Medan: EGC
  4. Britton, Keehner, Still & Walden 1999
  5. http://andarka.blogspot.com/pengertian jamkesmas/profilku diakses pada tanggal 1 Oktober 2013 pukul 20.00
  6.  http://ditppk.depsos.go.id/html/modules.php diakses pada tanggal 1 Oktober 2013 pukul 20.00
  7.  www.depkes.go.id/downloads/jamkesmas diakses pada tanggal 1 Oktober 2013 pukul 20.00
  8.  www.jpkm-online.net/sim-jamkesmas/ diakses pada tanggal 1 Oktober 2013 pukul 20.00
  9.  www.kesehatan.kompas.com/read/2010/10/0/jamkesmas diakses pada tanggal 1 Oktober 2013 pukul 20.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar