PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Kamis, 02 Januari 2020

PENGARUH NIAT DALAM BERAMAL


PENGARUH NIAT DALAM BERAMAL

Yan Karta Sakamira
2 Januari 2020

Beramal shalih itu baik, namun jika dilaksanakan dengan niat yang tidak baik maka amalan tersebut menjadi sia-sia. Niat yang baik adalah niat ikhlas karena Allah, jadi biasakan mengawali setiap amalan dengan niat untuk mencari ridha Allah, untuk itu biasakan memulai semua amalan dengan membaca basmallah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

“Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya)

Dengan membaca basmallah di setiap memulai suatu amalan, berarti kita telah berniat bahwa amalan tersebut kita kerjakan ikhlas karena Allah.

Suatu amalan yang niatnya bukan karena Allah maka amalan tersebut akan sia-sia dihadapan Allah, dan orang tersebut hanya mendapatkan manfaat dari amalan yang dia kerjakan sesuai dengan yang dia niatkan.

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Saudaraku sesama muslim, mari kita biasakan untuk memulai suatu amalan dengan membaca basmallah, agar amalan tersebut diridhai oleh Allah, serta biasakan untuk melaksanakan suatu amalan karena Allah, hindari beramal karena ingin dipuji manusia ataupun untuk mendapatkan kenikmatan dunia lainnya.

Semoga bermanfaat. Aamiin.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar