PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Minggu, 16 Januari 2011

HUBUNGAN ANTARA PERAN IBU DENGAN KESIAPAN REMAJA PUTRI MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS 4 – 6 ( DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 05 MOJOAGUNG KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG )

ABSTRAK

HUBUNGAN ANTARA PERAN IBU DENGAN KESIAPAN REMAJA PUTRI MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS 4 – 6 ( DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 05 MOJOAGUNG KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG )

Peneliti: Rifky Alfiansyah,
Pembimbing 1: dr. Suparyanto, M.Kes
Pembimbing 2: Heni Maryati, S.Kep. Ners

Peristiwa terpenting yang terjadi pada masa pubertas remaja putri adalah datangnya menstruasi pertama yang dinamakan menarche yang menjadi pertanda biologis dari kematangan seksual. Menarche adalah keluarnya guguran – guguran sel telur (ovum) yang tidak dibuahi sperma berupa butiran-butiran sel darah merah dari rahim seorang wanita, merupakan kejadian alamiah yang menandai pergantian fase kehidupan dari masa usia kanak-kanak menjadi masa usia remaja.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Ibu dan siwi kelas 4-6 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 05 Mojoagung Jombang sebanyak 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2010 dengan cara membagikan kuesioner. Untuk mengetahui pengaruh antara kedua variabel maka dilakukan uji statistic Chi-Square.

Berdasarkan hasil analisa melalui uji Chi - Square dengan SPSS, di dapat Chi - Square hitung = 4.030 Pada taraf kesalahan α = 0,05 atau nilai p = 0,045 < 0,05 maka H1 diterima atau H0 ditolak yang artinya ada hubungan antara peran Ibu dengan kesiapan remaja putri menghadapi menarche.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan peran ibu dengan kesiapan remaja putri dalam menghadapi menarche pada siswi kelas 4-6 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 05 Mojoagung Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Tahun 2010.

Kata kunci : peran ibu, kesiapan, remaja putri, menarche


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar