PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Senin, 15 Februari 2010

HUBUNGAN MOBILISASI DINI DENGAN INVOLUSI UTERUS PADA IBU NIFAS DI BPS WILAYAH PUSKESMAS JABON JOMBANG

ABSTRAK

HUBUNGAN MOBILISASI DINI DENGAN INVOLUSI UTERUS PADA IBU NIFAS DI BPS WILAYAH PUSKESMAS JABON JOMBANG

Oleh: Siti Sri Wahyuni

Pembimbing: Dr. Suparyanto, M.Kes; Yasmin Indriyas Y W, SST


Masa nifas adalah periode dimana organ-organ reproduksi kembali kepada keadaan sebelum hamil, lama masa nifas ini 6 minggu. Sedangkan faktor ibu nifas tidak mobilisasi dini adalah ibumasih letih, nyeri pada daerah jalan lahir selain itu ibu tidak mengetahui tentang pentingnya mobilisasi dini, tujuan, manfaat dan cara pelaksanaanya. Tujuan penelitian disini untuk mengetahui hubungan antara mobilisasi dini dengan involusi uterus pada ibu nifas

Desain penelitian menggunakan desain analitik Cross Sectional dengan menggunakan data primer. Jumlah sampel 30 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Variabel bebasnya adalah mobilisasi dini, sedangkan variabel tergantungnya adalah involusi uterus. Pengolahan data dengan tabulasi silang. Analisa statistik dengan uji Chi Square dengan taraf signifikasi α = 0,05

Dari hasil penelitian didapatkan data 27% ibu nifas yang tidak melakukan mobilisasi dini dengan involusi uterus tidak normal 43% yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji Chi Square diperoleh nilai ρ 0,003.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa sebagian besar ibu nifas melakukan mobilisasi dini, sebagian besar involusi uterus normal dan ada hubungan antara mobilisasi dini dengan involusi uterus pada ibu nifas.

Bagi peneliti berikutnya disarankan meneliti hubungan involusi uterus dari faktor yang lainnya dengan menggunakan sampel yang homogen dalam kurun waktu yang lebih lama, sehingga didapatkan data yang lebih akurat.

Kata Kunci : Mobilisasi dini, Involusi uterus, Ibu nifas

2 komentar: