PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Senin, 01 Februari 2010

HUBUNGAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN IMUNISASI DPT DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DPT (Studi Di Desa Sukodadi Kabuh Jombang)

ABSTRAK

HUBUNGAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN IMUNISASI DPT DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DPT
(Studi Di Desa Sukodadi Kabuh Jombang)

Oleh : Hesty Dianingtyas

Pembimbing: Dr. Suparyanto, M.Kes; Lilis Suryawati, S.ST

Kuman difteri sangat ganas dan mudah menular. Gejalanya adalah demam tinggi dan tampak adanya selaput putih kotor pada tonsil (amandel) yang dengan cepat meluas dan menutupi jalan napas. Di Indonesia cakupan imunisasi pada anak usia 12-23 bulan menurut jenisnya yang tertinggi adalah imunisasi BCG (86,9%), campak (81,6%), polio tiga kali (71,0%), DPT tiga kali (67,7%) Berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 1 Februari sampai 28 Februari 2009 di Desa Sukodadi Kabuh Jombang didapatkan cakupan imunisasi DPT tidak lengkap sebanyak 45 (42,75%) bayi dari 95 bayi dan lengkap sebanyak 25 (23,72%), BCG sebanyak 54 (51,3%) bayi dari 95 bayi, Polio sebanyak 58 (55,1%) bayi dari 95 bayi, Campak sebanyak 48 (45,6%) bayi dari 95 bayi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap ibu dalam pemberian imunisasi DPT di Desa Sukodadi Kabuh Jombang, mengidentifikasi kelengkapan imunisasi DPT di Desa Sukodadi Kabuh Jombang serta menganalisa hubungan sikap ibu dalam pemberian imunisasi DPT dengan kelengkapan imunisasi DPT di Desa Sukodadi Kabuh Jombang. Penelitian ini menggunakan desain analitik cross sectional dengan populasi yang berjumlah 90 yang dilakukan secara total sampling. Pengujian data dengan uji statistik “chi square” dengan angka ρ =0,001 < α= 0,05.
Dari penelitian ini didapatkan bahwa sikap ibu yang positif terhadap pemberian imunisasi DPT cenderung lengkap dalam sebanyak 53 responden (58,9%).

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu sikap ibu dalam pemberian imunisasi DPT di Desa Sukodadi Kabuh Jombang adalah positif, kelengkapan imunisasi DPT di Desa Sukodadi Kabuh Jombang adalah lengkap serta ada hubungan sikap ibu dalam pemberian imunisasi DPT dengan kelengkapan imunisasi DPT.

Dari hasil penelitian ini diharapkan para bidan dapat meningkatkan pemberdayaan keluarga dan masyarakat dengan memberikan penyuluhan atau informasi tentang imunisasi DPT bagi ibu bayi untuk melengkapkan imunisasi DPT nya.

Kata kunci : Sikap, Imunisasi

2 komentar:

  1. enny widiastuti3 Februari 2010 14.14

    Sikap ibu terhadap imunisasi bayi yg lain bgmana? apakah itu cakupan DPT I/II/III? . Apakah sikap ibu terhadap imunisasi DPT juga berlaku terhadap imunisasi yg lain?

    BalasHapus
  2. Trims untuk sdr Enny Widiastuti yang rajin komen di blog kami, karena keterbatasan waktu, hanya meneliti tentang sikap ibu terhadap kelengkapan DPT, yang dalam hal ini dianggap mewakili kelengkapan imunisasi

    BalasHapus