PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Kamis, 17 Desember 2009

GAMBARAN DAMPAK PSIKOLOGIS REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI KEKERASAN SEKSUAL DALAM PACARAN DI KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2009

ABSTRAK

GAMBARAN DAMPAK PSIKOLOGIS REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI KEKERASAN SEKSUAL DALAM PACARAN DI KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2009

Oleh Siti Mukharomah

Pembimbing: (1) Dr. Suparyanto, M.Kes, (2) Ririn Probowati, S.Kp.,M.Kes

Masa remaja diawali oleh masa pubertas yaitu masa terjadinya perubahan-perubahan fisik (meliputi penampilan fisik seperti bentuk tubuh dan proporsi tubuh) dan fungsi fisiologis (kematangan organ-organ seksual). Karena perkembangan inilah menimbulkan adanya dorongan seksual dan rasa ketertarikan pada lawan jenisnya, perilaku remaja mulai diarahkan untuk menarik lawan jenisnya dan dalam rangka mencari pengetahuan tentang seks, remaja mencoba mengadakan eksperimen dalam kehidupan seksualnya misalnya dengan berpacaran. Pacaran merupakan suatu hal yang lazim dikalangan remaja saat ini. Namun sedikit sekali orang tua dan remaja yang mengetahui bagaimana pacaran yang sehat agar tidak mengalami kekerasan pada masa pacaran khususnya kekerasan seksual. Kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai hal ini menyebabkan remaja putri yang mengalami kekerasan seksual dari pacarnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dampak psikologis remaja putri yang mengalami kekerasan seksual dalam pacaran yang dibatasi pada dampak kecemasan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 35 responden. Setelah data terkumpul, maka dilakukan pengolahan data melalui tahapan Editing, Coding, Scoring, dan Tabulating.

Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden mengalami kecemasan berat yaitu sebanyak 19 responden (54%).
Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan remaja bisa mendapatkan informasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja, cara mengatasi kecemasan dan dampak psikologis lainnya.

Kata kunci : masa remaja, pacaran, kekerasan seksual, kecemasan

8 komentar:

  1. dr suparyanto yth,
    tulisan ini singkat sekali. Saran apa tidak sebaiknya dilengkapi detil hasil penelitian tersebut mis dampak psikologis apa yg dialami, bgm cara mengatasi kecemasan yg timbul dll. shg pembaca mendp informasi atas penelitian tsb. Ditunggu tulisan lainnya.

    Rahma Izzati

    BalasHapus
  2. Untuk sdr Rahma Izzati, hasil penelitian tsb hanya merupakan abstrak (tidak lebih dari 250 kata)jadi isinya hanya merupakan garis besar, kalau sdr tertarik dapat membaca hasil penelitian secara lengkap di kampus

    BalasHapus
  3. enny widiastuti18 Desember 2009 12.39

    Bagus penelitian ini.Sy ingin tahu summary nya, shg info sekilas tapi lengkap. Mgkn dpt menambah referensi saya. thx a lot..

    BalasHapus
  4. enny widiastuti18 Desember 2009 14.42

    Appreciate pak yanto,
    Tapi sy ingin summary juga ditampilkan,kl abtract terlalu singkat..
    thx a lot

    BalasHapus
  5. Untuk sdr Enny Widiastuti trims telah mampir ke weblog kami,untuk mengetahui hasil penelitian lebih lengkap dapat membaca di kampus atau via email.

    BalasHapus
  6. christin hiyana3 November 2010 09.37

    pak yanto, saya ingin mengetahui hasil penelitian ini, bolehkah via email? kemana alamat email yang harus saya tuju ?

    BalasHapus
  7. Untuk sdr Christin Hiyana, hasil penelitian harus dilihat di kampus, Trims

    BalasHapus
  8. boleh aq pinjam ktinya dok ? dr orang baik,pasti boleh.

    BalasHapus