PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Sabtu, 16 Juni 2012

JURNAL KEBIDANAN: TINGKAT PENGETAHUAN IBU PADA BALITA TENTANG DEMAM DAN PENANGANANNYA

Dr. Suparyanto, M.Kes

JURNAL KEBIDANAN: TINGKAT PENGETAHUAN IBU PADA BALITA TENTANG DEMAM DAN PENANGANANNYA

ABSTRAK

JUDUL:
TINGKAT PENGETAHUAN IBU PADA BALITA TENTANG DEMAM DAN PENANGANANNYA DI DESA GENTENGAN KECAMATAN PULO LOR KABUPATEN JOMBANG

OLEH:
Rissa Junita (07.033)

PENGUJI:
1.    Sri Mukhodim Farida Hanum, SST, MM
2.    Dr. Suparyanto, M.Kes
3.    Helmi Annuchasari, A.Md.Keb



Tubuh mempunyai cara dan alat untuk mengukur penyakit sampai batas waktu tertentu, beberapa penyakit seperti batuk, pilek dan cacar air dapat sembuh tanpa pengobatan. Dalam hal ini dikatakan bahwa system imun tersebut cukup baik untuk memngatasi dan mengalahkan kuman penyakit, tapi bila kuman itu ganas system pertahanan tubuh terutama pada balita dan anak-anak yang pertahanan tubuhnya lemah tidak dapat dicegah, kuman itu dapat berkembang biak sehingga dapat mengakibatkan penyakit berat yang menyebabkan cacat atau kematian .
Hal yang ditimbulkan dari demam atau suhu diatas 38ºc bias menyebabkan kejang pada anak, sbagian anak terutama  pada usia 2 tahun pertama pertumbuhannya sering kali mengalami kejang – kejang yang disebabkan oleh meningkatnya suhu tubuh mereka dengan demikian yang harus dilakukan menjaga suhu tubuh anak agar tidak naik atau normal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengetahuan dan memahami yaitu pengetahuan ibu pada balita tentang demam dan penanganannya yang terdiri dari pengertian demam, fobia demam dan pengukuran demam, dan penanganan demam.

Penelitian ini merupakan deskriptif dengan 18 responden di BPS Ny sutinah yoewono di desa gentengan kecamatan pulo lor kabupaten jombang pada tanggal 8-13 mei 2010 yang diambil secara total sampling, pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden dari hasil penelitian dihasilkan 17% ibu mempunyai pengetahuan kurang, 28% mempunyai pengetahuan baik, dan 55% mempunyai pengetahuan cukup.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dapat digambarkan pengetahuan ibu balita di desa gentengan kecamatan pulo lor kabupaten jombang mempunyai pengetahuan cukup, sehingga petugas kesehatan perlu memberikan penyuluhan tentang penanganan demam pada masyarakat luas khususnya di desa gentengan jombang.


KATA KUNCI : Tingkat Pengetahuan, Demam

INSTITUSI: Program Studi D3 Kebidanan, FIK UNIPDU Jombang, 2011


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar