PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Sabtu, 16 Juni 2012

JURNAL KEBIDANAN: HUBUNGAN STIMULASI PUTING SUSU KALA II PERSALINAN DENGAN PENINGKATAN KONTRAKSI UTERUS

Dr. Suparyanto, M.Kes

JURNAL KEBIDANAN: HUBUNGAN STIMULASI PUTING SUSU KALA II PERSALINAN DENGAN PENINGKATAN KONTRAKSI UTERUS

ABSTRAKS

JUDUL
HUBUNGAN STIMULASI PUTING SUSU KALA II PERSALINAN DENGAN PENINGKATAN KONTRAKSI UTERUS DI BIDAN Ny. Hj. SOETINAH SOEYONO, S.ST DESA KARANGPAKIS KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2010

OLEH:
Siti Istikomah  (07.075)

PENGUJI:
1.    Sri Mukhodim Farida Hanum, SST, MM
2.    Dr. Suparyanto, M.Kes
3.    Helmi Annuchasari, A.Md.Keb


Stimulasi puting susu adalah mengusap salah satu atau kedua puting dengan lembut, berhenti selama ada kontraksi dan mengusapnya lagi sesudah kontraksi berhenti. Merangsang puting menyebabkan dilepaskannya oksitosin yang menimbulkan kontraksi rahim.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan stimulasi puting susu kala II persalinan dengan peningkatan kontraksi uterus di Bidan Ny. Hj. Soetinah Soeyono, S.ST Desa Karangpakis Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang Tahun 2010.

Desain dalam penelitian ini menggunakan metode analitik dan menggunakan pendekatan cross sectional, dengan populasi ibu bersalin di BPS. Ny. Hj. Soetinah Soeyono, S.ST Desa Karangpakis Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin (14 orang) yang memenuhi kriteria sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik total populasi, variabel yang digunakan adalah variabel independent dan variabel dependent, variabel independentnya adalah stimulasi puting susu kala II persalinan, variabel dependentnya adalah peningkatan kontraksi uterus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah check list setelah data terkumpul dilakukan uji cross tabulasi dengan menggunakan uji Mann Whitney-U, uji ini digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel yang diteliti.

Setelah dilakukan uji statistik Mann Whitney-U menggunakan SPSS mendapatkan hasil Z-2,619 < Z tabel dan Asymp.sig 0,009 < 0,05 yang berarti ada hubungan antara stimulasi puting susu kala II persalinan dengan terjadinya peningkatan kontraksi uterus di BPS. Ny. Hj. Soetinah Soeyono, S.ST Desa Karangpakis Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang Tahun 2010 dalam hal ini hipotesis penelitian yaitu H1 diterima.

KATA KUNCI : Stimulasi Puting Susu, Peningkatan Kontraksi Uterus  

INSTITUSI: Program Studi D3 Kebidanan, FIK UNIPDU Jombang, 2011


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar