PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Sabtu, 16 Juni 2012

JURNAL KEBIDANAN: TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Dr. Suparyanto, M.Kes

JURNAL KEBIDANAN:  TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

JUDUL:
TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SMU DARUL ULUM 3 DESA REJOSO KECAMATAN PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG.

OLEH:
Sucik Kurniawati (07.077)

PENGUJI:
1.    Sri Mukhodim Farida Hanum, SST, MM
2.    Dr. Suparyanto, M.Kes
3.    Helmi Annuchasari, A.Md.Keb

ABSTRAK

PHBS merupakan upaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat bagi siswa dan guru di institusi pendidikan untuk mengenali masalah dan tingkat kesehatannya, serta mampu memgatasi, memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatannya sendiri

Penulisan ini bertujuan mengetahui tingkat pengetahuan remaja tentang perilaku hidup bersih dan sehat di SMU Darul ulum 3 Desa Rejoso Kecamatan Peterongan kabupaten Jombang.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau tentang suatu keadaan secara obyektif. Populasi adalah seluruh siswa-siswi kelas X sebanyak 51 siswa. Dan sampel yang didapat dengan menggunakan rumus   sebanyak 45 responden yang sesuai dengankriteria sampel. Desain sampling dalam penelitian ini adalah probability dengan menggunakan pendekatan simple random sampling. Data diambil dari kuesioner dan diteliti dengan rumus  . Alat pengumpulan data dengan kuesioner dengan kriteria baik, cukup, dan kurang.

Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan remaja tentang PHBS sebagian besar 26 siswa mempunyai pengetahuan cukup (57,8%).
Dengan demikian petugas kesehatan perlu adanya upaya untuk meningkatkan pengetahuan baik dengan cara menyebarkan leflet serta melalui penyuluhan dan motivasi dari petugas kesehatan sehingga masyarakat sadar, mau dan mampu mempraktekkan PHBS.

Kata kunci : Tingkat Pengetahuan, Remaja, PHBS

INSTITUSI: Program Studi D3 Kebidanan, FIK UNIPDU Jombang, 2011


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar