PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Kamis, 07 Juni 2012

JURNAL KEBIDANAN: PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TENTANG ASI

Dr. Suparyanto, M.Kes

JURNAL KEBIDANAN: PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TENTANG ASI

ABSTRAK

JUDUL:
TINGKAT PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TENTANG ASI DI BPS. NY. YUNI W. AMD KEB. DESA SUMBERMULYO KABUPATEN JOMBANG

OLEH :
Leni Retnasari (06.058)

PENGUJI:
1.    Sri Mukhodim Farida Hanum, SST, MM
2.    Dr. Suparyanto, M.Kes
3.    Helmi Annuchasari, A.Md.Keb

ASI merupakan makanan alamiah yang ideal untuk bayi, terutama pada bulan-bulan pertama, memberikan makanan bayi dengan ASI bukan hanya memberinya awal kehidupan yang sehat dan bergizi, tetapi merupakan cara yang hangat, penuh kasih sayang dan menyenangkan. Sebanyak 30% Ibu belum mengerti tentang ASI, hasil ini disebabkan kurangnya informasi yang diterima sehingga Ibu Primigravida tidak mengerti tentang pentingnya ASI. Karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran Ibu untuk memberikan ASI sehingga ASI lebih jarang diberikan dan diganti dengan susu formula. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan Ibu Primigravida tentang ASI di Bps Ny. Yuni W. Amd. Keb. Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Yang mana sebelumnya Ibu Primigravida kurang mengerti tentang manfaat ASI

Penelitian ini adalah penelitan diskriptif, sampel dan penelitian ini adalah 30 ibu primigravida. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2010 data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.

Dari penelitian tingkat pengetahuan Ibu Primigravida tentang ASI, diketahui bahwa pengetahuan responden tentang ASI sebanyak 77% Pengetahuan cukup dan 16% pengetahuan kurang.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa informasi mempengaruhi tingkat pengetahuan dan wawasan pada Ibu Primigravida tentang ASI, sehingga perlu adanya tingkat pengetahuan Ibu Primigravida tentang ASI.

KATA KUNCI : Pengetahuan, Primigravida, ASI

INSTITUSI: PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN, FIK UNIPDU JOMBANG, 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar