PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Kamis, 07 Juni 2012

JURNAL KEBIDANAN: HUBUNGAN ANTARA PERILAKU IBU DAN CAKUPAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU MENYUSUI

Dr. Suparyanto, M.Kes

JURNAL KEBIDANAN: HUBUNGAN ANTARA PERILAKU IBU DAN CAKUPAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU MENYUSUI

ABSTRAK

JUDUL:
HUBUNGAN ANTARA PERILAKU IBU DAN CAKUPAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU MENYUSUI DI DESA PLOSO KERAP KECAMATAN SUMOBITO KABUPATEN JOMBANG

OLEH:
RAINIEKE PUTRI ARUM ( NIM: 07.032)

PENGUJI:
1.    Sri Mukhodim Farida Hanum, SST, MM
2.    Dr. Suparyanto, M.Kes
3.    Helmi Annuchasari, A.Md.Keb


ASI Eksklusif yang dimaksudkan adalah pemberian ASI saja selama 6 bulan pertama tanpa makanan pendamping. Namun upaya untuk meningkatkan perilaku menyusui dalam pemberian ASI dirasa masih kurang. Hal ini berdampak pada tidak terpenuhinya cakupan ASI Eksklusif pada tahun 2009 di Desa Ploso Kerep yaitu 15,8% sedangkan cakupan di kabupaten Jombang mencapai 62,8%. Dari data tersebut, terdapat kesenjangan antara target dengan cakupan yang ada.  Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian diarahkan untuk mengetahui hubungan antara perilaku ibu dengan cakupan ASI Eksklusif di desa Ploso Kerep.

Penelitian dilaksanakan pada tanggal 6-17 Mei 2010 di Desa Ploso Kerep dengan membagikan Kuesioner kepada responden untuk memperoleh data umum dan data khusus. Jenis penelitian ini menggunakan Analitik Retrospektif dengan populasi semua ibu menyusui yang mempuyai bayi usia 6-12 bulan di desa Ploso Kerep sebanyak 57 responden. Teknik sampling yang digunakan Simple Random Sampling dengan cara menyeleksi secara acak populasi untuk mendapatkan sampel yaitu 50 responden. Selanjutnya data diolah dengan uji Chi-square dengan taraf signifikan 0,05.

Pada hasil tabulasi silang didapatkan 25 responden (50%) tidak melakukan perilaku dalam upaya pemberian ASI dan juga tidak melaksanakan pemenuhan ASI Eksklusif. Dari hasil perhitungan statistik menggunakan uji Chi-square χ2 = 32,57 > dk> 3,34. dan ρ = 0,012 < α < 0,05. Maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan antara perilaku ibu dan cakupan ASI Eksklusif.

Berdasarkan hal diatas disimpulkan bahwa Ibu menyusui yang mempunyai bayi usia  6-12 bulan sebagian besar perilakunya tidak melakukan upaya dalam pemberian ASI dan cakupan ASI Eksklusif tidak terpenuhi, sehingga ada hubungan antara perilaku ibu dan cakupan ASI Eksklusif.

KATA KUNCI: Perilaku ibu, Cakupan, ASI Eksklusif

INSTITUSI: PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN, FIK UNIPDU JOMBANG, 2011


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar