PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Kamis, 07 Juni 2012

JURNAL KEPERAWATAN: HUBUNGAN TUGAS KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PASIEN DIABETUS MELLITUS

Dr. Suparyanto, M.Kes

JURNAL KEPERAWATAN: HUBUNGAN TUGAS KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PASIEN DIABETUS MELLITUS

JUDUL:
HUBUNGAN TUGAS KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PASIEN DIABETUS MELLITUS DI PAVILIUN DAHLIA RSUD  JOMBANG

OLEH :
G a z a l i

PEGUJI:
1.    Mokhammad Rajin, S.Kep. Ners, M.Kes
2.    H.Achmad Zakaria, SKM. M kes
3.    Dr. Suparyanto , M, Kes

ABSTRAKS

Diabetus Mellitus adalah penyakit hiperglikemia yang ditandai oleh ketiadaan absolut insulin atau insensitivitas sel terhadap insulin. Apabila tidak dikendalikan penyakit ini menimbulkan penyulit yang dapat berakibat fatal. Fenomena yang terjadi, pasien sering rawat inap dan dari study pendahuluan terutama diakibatkan oleh kurangnya kepatuhan diet Diabetus Mellitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tugas keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien Diabetus Mellitus.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik dengan metode cross sectional dengan jumlah 15 responden yang diambil dengan metode Consecutive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 02-15 oktober 2009 di paviliun Dahlia RSD. Jombang. Variabel Independen pada penelitian ini adalah tugas keluarga sedangkan variabel dependennya adalah kepatuhan diet pada pasien Diabetus Mellitus. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, kemudian dilakukan pengumpulan dan pengolahan data dengan scoring tabulating selanjutnya dianalisa dengan uji spearman rho untuk mengetahui hubungan tugas keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien Diabetus Mellitus.Data ditampilkan dalam bentuk narasi dan tabel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tugas keluarga pasien Diabetus Mellitus adalah 60 % ( 9 orang ) kategori baik, sedangkan mengenai kepatuhan diet Diebetus Mellitus adalah 86,7 % ( 13 orang ) tergolong patuh, hasil uji statistik Spearman rho dengan nilai signifikan α = 0,024 yaitu α < 0,05 yang berarti hipotesa penelitian diterima.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara tugas keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien Diabetus Mellitus, dimana semakin baik tugas keluarga menjalankannya semakin patuh dalam menjalankan diet Diabetus Mellitus.

KATA KUNCI : Tugas Keluarga, Kepatuhan, Diet.

INSTITUSI: Program Studi S1 Keperawatan FIK Unipdu Jombang 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar