PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Sabtu, 16 Juni 2012

JURNAL KEBIDANAN: TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG KELAS IBU HAMIL

Dr. Suparyanto, M.Kes

JURNAL KEBIDANAN: TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG KELAS IBU HAMIL

JUDUL:
TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG KELAS IBU HAMIL DI DESA KEDUNG BETIK KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

OLEH :
Siti Nur Faridah (NIM. 07.076)

PENGUJI:
1.    Sri Mukhodim Farida Hanum, SST, MM
2.    Dr. Suparyanto, M.Kes
3.    Helmi Annuchasari, A.Md.Keb


ABSTRAK

Kegiatan Kelas Ibu Hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, melalui praktik dengan menggunakan buku KIA.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang kelas ibu hamil didesa Kedung Betik Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.

Desain  penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh Ibu hamil sejumlah 34 responden yang ada di desa Kedung Betik. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan menggunakan seluruh polulasi yakni berjumlah 34 orang.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang kelas ibu hamil adalah tinggi yaitu sebanyak 14 responden (41%), yang berpengetahuan cukup sebanyak 12 responden (35%), dan yang berpengetahuan kurang sebanyak 8 responden (24%).

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat ibu hamil tetang kelas ibu hamil Desa Kedung Betik Kecamatan Kesamben Jombang adalah baik yaitu sebanyak 14 responden (41%).

KATA KUNCI: Pengetahuan, Kehamilan, Kelas Ibu Hamil

INSTITUSI: Program Studi D3 Kebidanan, FIK UNIPDU Jombang, 2011



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar