PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Sabtu, 11 Agustus 2012

JURNAL KEBIDANAN: FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SEKS BEBAS PADA REMAJA DI DESA WONOSALAM KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG

Dr. Suparyanto, M.Kes


ABSTRAK

FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SEKS BEBAS PADA REMAJA DI DESA WONOSALAM KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG

PEMBIMBING I         : dr Suparyanto M. Kes
PEMBIMBING II        : Luluk Nur Kholisoh SKM

Oleh :
UMUL CHOIROH
090403139

Perilaku adalah suatu kegiatan atau aktivitas organisme (makhluk hidup) yang bersangkutan. Remaja yang mengalami masa pubertas mempunyai dorongan atau keinginan yang kuat tentang perubahan yang terjadi pada tubuhnya dan timbul rasa ketertarikan dengan lawan jenis. Di masyarakat seks merupakan hal yang masih tabu untuk dibicarakan. Sedangkan informasi yang salah dapat mengakibatkan remaja penasaran dan ingin mencoba untuk berhubungan seks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi perilaku seks bebas pada remaja di desa Wonosalam kecamatan Wonosalam kabupaten Jombang.

Desain penelitian ini adalah Deskriptif. Variabel yang diteliti adalah adanya dorongan biologis, ketidakmampuan menahan dorongan biologis, kurangnya pengetahuan remaja tentang seks bebas dan adanya kesempatan untuk melakukan seks. Populasi yang digunakan berjumlah 408. Besar sampel 65 responden dengan tehnik pengambilan sampel random sampling dengan menggunakan koesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden pernah mengalami adanya dorongan biologis sebanyak 65%. Sedangkan responden yang tidak dapat menahan adanya dorongan biologis sebanyak 6%. Dan responden yang belum mengerti tentang seks bebas sebanyak 12%. Sedangkan adanya kesempatan untuk melakukan hubungan seks menunjukkan sebanyak 75%.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi perilaku seks bebas pada remaja adalah adanya kesempatan remaja melakukan hubungan seks. Hal ini diharapkan bisa menjadi perhatian bagi seluruh orang tua maupun guru untuk lebih memperhatikan anaknya.


Kata kunci : Seks Bebas, Perilaku, Faktor Dominan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar