PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Sabtu, 11 Agustus 2012

JURNAL KEPERAWATAN: PERSEPSI IBU HAMIL TENTANG KELAS IBU HAMIL DI DESA SIDOMULYO WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEGALUH KABUPATEN JOMBANG

Dr. Suparyanto, M.Kes


ABSTRAK

PERSEPSI IBU HAMIL TENTANG KELAS IBU HAMIL
DI DESA SIDOMULYO WILAYAH KERJA PUSKESMAS
MEGALUH KABUPATEN JOMBANG

PEMBIMBING I      : dr. Suparyanto, M. Kes
PEMBIMBING II     : Nur Hayati, SST

OLEH :
RIZKY LILA DESHANTI
                                                                   080303142                

Kegiatan kelas ibu hamil adalah program pembangunan kesehatan di Indonesia yang di prioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak, perhatian khusus harus diberikan terhadap peningkatan kesehatan ibu, bayi baru lahir, dan anak dengan melaksanakan berbagai upaya percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Belum terlaporkan untuk target pencapaian kegiatan kelas ibu hamil sampai tahun 2011. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di 5 Desa yaitu Desa Sudimoro (88,5%), Desa Sumbersari (90,8%), Desa Kedungrejo (53,6%), Desa Balonggemek (47,1%), Desa Sidomulyo (28,8%), tercatat bahwa selama tahun 2010 hingga 2011 terdapat penurunan kehadiran ibu hamil di kelas ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi ibu hamil tentang Kelas Ibu Hamil di Desa Sidomulyo Wilayah Kerja Puskesmas Megaluh Kabupaten Jombang.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi adalah semua ibu hamil yang telah mengikuti kelas ibu hamil di Desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh berjumlah 30 orang, jumlah sampel 30 orang dengan menggunakan total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi ibu hamil. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisa data dengan distribusi frekuensi. Penelitian dilakukan di Desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh pada tanggal 25 – 30 September 2011.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi ibu hamil tentang kelas ibu hamil, hampir setengah (43,3%) dari ibu hamil memiliki persepsi positif sebanyak 13 orang dan sebagian besar (56,7%) ibu hamil memiliki persepsi negatif sebanyak 17 orang.
Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar (56,7%) persepsi ibu hamil tentang kelas ibu hamil adalah negatif. Disarankan untuk responden hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan dengan cara mengikuti Pendidikan Luar Sekolah (PLS), paket A setara dengan SD, agar responden bisa membaca Koran, buku, majalah, mendegarkan radio, maupun televisi untuk menambah wawasan seputar kelas ibu hamil dan mengikuti kegiatan kelas ibu hamil yang diadakan oleh petugas kesehatan.


Kata Kunci : Persepsi, Ibu Hamil, Kelas Ibu Hamil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar