Dr. Suparyanto, M.Kes
KEPUASAN PELANGGAN (CUSTOMER SATISFACTION) 1
Definisi Kepuasan
- Kepuasan pelanggan/konsumen adalah suatu keadaan ketika kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan dapat terpenuhi malalui produk yang dikonsumsi (Juliana, Erna. 2008).
- Menurut Kotler (1997:4), kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseoranag sebagai hasil dari perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan dan diharapkannya . (Rangkuti, Freddy. 2006).
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI DAN ASPEK PASIF PELANGGAN
- Kebutuhan dan keinginan, berkaitan dengan hal-hal yang dirasakan pelanggan saat melakukan transaksidengan penyedia produk atau pemberi produk.
- Pengalaman masa lalu.
- Pengalaman dari teman-teman.
- Komunikasi melalui iklan dan pemasaran juga mempengaruhi persepsi pelanggan. (Juliana, Erna. 2008).
Kepuasan pelanggan pengguna jasa pelayanan kesehatan (pasien/klien) dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu:
- Pemahaman pengguna jasa tentang jenis pelayanan yang akan diterimanaya, dalam hal ini aspek komunikasi memegang peranan penting.
- Empati (sikap peduli) yang ditunjukkan oleh petugas kesehatan. Sikap ini akan menyentuh emosi pasien.
- Biaya (Cost), tingginya biaya pelayanan dapat dianggap sebagai sumber moral hazard pasien dan keluarganya,”yang penting sembuh” sehingga menyebabkan mereka menerima saja jenis perawatan dan teknologi yang ditawarkan petugas kesehatan.
- Penampilan fisik (kerapian) petugas, kondisi kebersihan dan kenyamanan ruangan (tangibility).
- Jaminan keamanan yang ditunjukkan oleh petugas kesehatan (assurance), ketepatan jadwal pemeriksaan,dan kunjungan dokter termasuk dalam faktor ini.
- Keandalan dan keterampilan (reliability) petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan.
- Kecepatan petugas dalam member tanggapan terhadap keluhan pasien (responsiveness).(Juliana, Erna. 2008).
KARAKTERISTIK YANG DIINGINKAN PELANGGAN
- Karakteristik lebih cepat (faster), berkaitan dengan dimensi waktu yang menggambarkan kecepatan dan kemudahan atau kenyamanan untuk memperoleh produk itu.
- Karakteristik lebih murah (cheaper), berkaitan dengan dimensi biaya yang menggambarkan harga atau ongkos dari suatu produk yang harus dibayar.
- Karakteristik lebih baik (better), berkaitan dengan dimensi kualitas produk yang dalam hal ini sulit sekali digambarkan secara tepat. (Juliana, Erna. 2008)
METODE PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN
- Pengukuran dapat dilakukan secara langsung melalui pertanyaan kepada pelanggan dengan ungkapan sangat tidak puas, kurang puas, cukup puas, puas dan sangat puas.
- Responden diberi pertanyaan mengenai seberapa besar mereka mengharapkan suatu atribut tertentu dan seberapa besar yang mereka rasakan .
- Responden diminta untuk menuliskan masalah-masalah yang mereka hadapi yang berkaitan dengan penawaran dari perusahaan dan diminta untuk menuliskan perbaikan-perbaikan yang mereka sarankan.
- Responden diminta meranking elemen atau atribut penawaran berdasarkan derajat kepentingan setiap elemen dan seberapa baik kinerja perusahaan pada masing-masing elemen. (Rangkuti, Freddy. 2006).
DAFTAR PUSTAKA
- Al-Assaf. 2009. Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC.
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
- Effendy, Ferry dan Makhfudi. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas. Jakarta : Salemba Medika.
- Hidayat, A. Alimul Aziz. 2003. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika.
- Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
- Juliana, Erna. 2008. Manajemen Pelayanan Kebidanan. Jakarta : EGC.
- Laksono. 2005. KTI Kebidanan. http://www.scribd.com/doc/46253269/tingkat-kepuasan-pasien-terhadap-pelayanan-KIA-Di-puskesmas-KTI-KEBIDANAN. 27 Februari 2011.
- Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
- Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
- Rangkuti, Freddy. 2008. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
- Syafrudin. 2009. Sosial Budaya Dasar. Jakarta: TIM.
- Syaifuddin. 2002. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu. http://blogjoeharno.blogspot.com/2008/03/faktor-faktor yang mempengaruhi mutu.html. 27 Februari 2011.
- Wijoyo, Djoko. 2008. Manajemen Kesehatan Ibu dan Anak. Surabaya : Duta Prima Airlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar