PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Sabtu, 16 Februari 2019

MERASA PEDE MENUJU AKHIRAT


MERASA PEDE MENUJU AKHIRAT

Oleh:
Yan Karta Sakamira
16 Februari 2019

Saudaraku sesama muslim, kajian kita kali ini tentang upaya agar tidak tersesat. Pada saat kita ingin berwisata bersama keluarga dengan mobil pribadi, dengan tujuan wisata yang tempatnya kita belum tahu (paham), maka agar kita tidak tersesat, kita akan mengunakan petunjuk yang namanya peta atau GPS. Peta atau GPS akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan cara bertanya kepada seseorang yang paham (tahu) tempat wisata tersebut.

Pola pikir yang sangat cerdas diatas, ternyata tidak (jarang) diterapkan oleh seseorang ketika bepergian ke akhirat. Jika kita tidak ingin terserat pergi ke akhirat, maka kita harus membaca peta atau GPS. Peta akhirat itu namanya Al Qur’an, dan petunjuk teknisnya namanya Hadist. Petunjuk akhirat tersebut akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan bertanya melalui orang yang paham (tentang petunjuk itu) dengan cara mendatangi kajian ilmu (majelis ilmu).

Allah berfirman:

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

“Dan Kami turunkan kepadamu al-Kitab (Al-Qur`ân) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang berserah diri”. (QS, an-Nahl/16:89)

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَن سلَك طريقًا يطلُبُ فيه عِلْمًا، سلَك اللهُ به طريقًا مِن طُرُقِ الجَنَّةِ

“Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR. At Tirmidzi no. 2682, Abu Daud no. 3641).


Jika kita bepergian ke akhirat tanpa membaca petunjuk, berarti kita merasa PeDe (percaya diri) pergi ke akhirat. Padahal tanpa membaca petunjuk, kita bisa tersesat di akhirat nanti. Tempat yang kita tuju di akhirat nanti namanya surga, namun jika kita tersesat, maka kita akan sampai di suatu tempat yang namanya neraka.

Rasulullah bersabda:

اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: تَـرَكْتُ فِـيْكُمْ اَمـْرَيـْنِ لَنْ تَضِلُّـوْا مَا تَـمَسَّكْـتُمْ بِـهِمَا: كِـتَابَ اللهِ وَ سُنَّـةَ رَسُوْلـــِهِ. مالك

Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda : “Aku telah meninggalkan pada kamu sekalian dua perkara yang kamu tidak akan sesat selama kamu berpegang teguh kepada keduaya, yaitu : Kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya”. (HR. Malik)

Saudaraku sesama muslim, bagaimana seseorang akan selamat (tidak tersesat) bepergian pergi ke akhirat, tanpa pernah membaca Al Qur’an, tidak pernah memahaminya (tadabbur), dan tidak pernah mengamalkannya. Sebelum terlambat, marilah kita segera membaca dan memahami Al Qur’an, sebagai petunjuk agar kita tidak tersesat di akhirat nanti.

Semoga bermanfaat. Aamiin.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar