PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Kamis, 14 Februari 2019

SEDEKAH YANG TERBALIK (BAGIAN 2)


SEDEKAH YANG TERBALIK (BAGIAN 2)

Oleh:
Yan Karta Sakamira
14 Februari 2019

Saudaraku sesama muslim, melanjutkan kajian kita sebelumnya, bahwa dalam melaksanakan sedekah, prioritaskan orang tidak mampu dulu, baru sisanya diberikan kepada orang mampu.

Rasulullah bersabda:

 “Jika salah seorang diantaramu miskin, hendaklah dimulai dengan dirinya, jika ada kelebihan maka untuk keluarganya, jika ada kelebihan lagi untuk kerabatnya.” Juga beliau bersabda : “Untuk yang ada hubungan kekeluargaan dengannya. Kemudian apabila masih ada barulah untuk ini dan itu.” (HR. Ahmad dan Muslim).

Kali ini kita akan membahas sedekah yang kita berikan kepada seseorang pada saat kita ta’ziah dan pada saat menghadiri walimah.

Ta’ziyah, yaitu menghibur orang yang tertimpa musibah dengan pahala-pahala yang dijanjikan oleh Allah, sekaligus mendo’akan mereka dan mayitnya. Berarti ahlul mayyit (keluarga yang ditinggal mati) adalah keluarga yang sedang berduka perlu dihibur dan dibantu.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

مَنْ عَزَّى مُصَابًا فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ

“Barangsiapa yang berta’ziyah kepada orang yang tertimpa musibah, maka baginya pahala seperti pahala yang didapat orang tersebut. (HR Tirmidzi 2/268, Ibnu Majah, 1/511).

Walimatul 'Urs atau yang lazim dikenal sebagai pesta pernikahan, adalah jamuan makan yang diselenggarakan berkenaan dengan pernikahan. Biasanya walimatul 'urs dilaksanakan setelah akad nikah. Kata walimah berasal dari kata al-Walamu yang dalam bahasa Indonesia bermakna "pertemuan". Jadi seseorang yang melaksanakan pesta pernikahan adalah orang yang sedang berbahagia.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَوْلِمْ وَلَوْ بِشَاةٍ.

“Adakanlah walimah, walaupun dengan seekor kambing.” (HR: Bukhari – Muslim)

Sebagai saudara sesama muslim, kita diwajibkan untuk menghadiri walimah.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَليَأْتِهَا.

“Jika salah seorang dari kalian diundang ke suatu walimah, maka datangilah.”(HR: Bukhari)


Sebagai saudara sesama muslim, kita sering ikut membantu (sedekah), baik pada saat ta’ziah maupun pada saat menghadiri walimah. Pada saat takziah, kita membantu beras seharga Rp.20.000, sedang pada saat menghadiri walimah, kita ikut membantu uang sebanyak Rp.200.000. Pertanyaannya, mengapa orang yang sedang berbahagia dibantu lebih banyak daripada orang yang sedang kesusahan?. Jadi ini merupakan sedekah yang terbalik,  seharusnya orang yang kesusahan dibantu lebih banyak, daripada orang yang sedang berbahagia.

Jangan takut miskin dengan sedekah, karena setiap harta yang disedekahkan, Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).


Semoga bermanfaat. Aamiin.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar