PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Jumat, 01 Februari 2019

INGIN NAIK KELAS, HARUS IKUT UJIAN


INGIN NAIK KELAS, HARUS IKUT UJIAN

Oleh:
Yan Karta Sakamira
1 Februari 2019

Saudaraku sesama muslim, dalam kehidupan dunia, jika kita ingin naik kelas, ya harus ikut ujian dan harus lulus, baru naik kelas. Dalam kehidupan akhirat, ternyata Allah juga memberlakukan hal sama, artinya jika kita ingin lebih mulia dihadapan Allah (naik kelas), maka kita harus lulus ujian Allah.

SETIAP MUSLIM YANG BERIMAN PASTI DIUJI ALLAH

Allah berfirman:

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا أَذًى كَثِيرًا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

“Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu benar-benar akan mendengar dari orang-orang yang diberi al-Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan”.  (QS, Ali ‘Imran: 186)

Jadi tidak cukup bagi kita hanya beriman dalam ucapan, Allah belum percaya sebelum mengujinya. Allah akan menguji setiap muslim baik hartanya maupun dirinya.

Sebagai contoh, saat kita diuji Allah sakit opname di RS dengan tangan diinfus dan dokter memerintahkan tidak boleh turun dari tempat tidur. Jika dalam keadaan demikian, lantas kita meninggalkan shalat lima waktu, berarti kita termasuk orang yang tidak lulus ujian, juga pada saat sudah sembuh kita percaya bahwa dokter Fulan yang menyembuhkan penyakit kita, itu juga termasuk kategori kita tidak lulus ujian. Karena walaupun kita sakit berbaring di tempat tidur, kita tetap wajib menjalankan shalat lima waktu, dan saat sembuh, Allah lah yang menyembuhkan sakit kita, bukan dokter.

Allah berfirman menceritakan kekasih-Nya, Ibrahim ‘alaihissalam,

وَ إِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ

 “Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku.” (QS, Asy Syu’ara: 80)

UJIAN ALLAH SESUAI DENGAN KESANGGUPAN KITA

Dalam kehidupan dunia, siswa SD diuji dengan soal SD, siswa SMP diuji dengan soal SMP, bukan siswa SD diuji dengan soal SMA, begitu juga Allah dalam menguji kita, Allah akan menguji kita sesuai dengan kesanggupan kita.

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ

“Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama ini suatu kesulitan/keberatan” (QS. Al-Hajj: 78).

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS. Al-Baqarah: 286).

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (QS. Al-Baqarah: 185).


Ayat diatas menunjukan bahwa, jika Allah menguji kita, kita akan mampu untuk menjalaninya, jadi kita harus semangat dan bersabar.


SEMAKIN TINGGI KELASNYA, SEMAKIN BERAT UJIANNYA

Dalam kehidupan dunia, semakin tinggi kelas, semakin sulit (berat) ujiannya. Begitu Allah dalam menguji kita, semakin tinggi keimanan dan ketakwaan kita semakin berat ujiannya.

Nabi Ibrahim pernah diuji oleh Allah untuk menyembelih putranya Ismail, dan Nabi Ibrahim lulus, karena mampu melaksanakannya, seandainya kita diuji oleh Allah untuk menyembelih anak kita, mampukan? Jika kita tidak mampu, itupun wajar, kalau level keimanan dan ketakwaan kita masih jauh dibawah Nabi Ibrahim.

Contoh ujian perintah Allah untuk kita adalah, kita diperintah Allah untuk melaksanakan shalat tahajud sebagai shalat tambahan shalat lima waktu.

Allah berfirman:

وَ مِنَ الَّیۡلِ فَتَہَجَّدۡ بِہٖ نَافِلَۃً لَّکَ ٭ۖ عَسٰۤی اَنۡ یَّبۡعَثَکَ رَبُّکَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”. (QS, Al Israa, 79)

Walaupun ngantuk, malas, capek menghampiri diri kita, namun jika kita paksa, kita masih masih mampu untuk melaksanakanya, jadi sampai sekarang kita belum mampu melaksanakannya, sudah luluskah kita?.

KIAT SUKSES MENGHADAPI UJIAN

Dalam menghadapi ujian, ada beberapa kiat yang perlu kita ketahui, agar kita sukses menghadapi ujian Allah, kiat itu adalah: berilmu, semangat, disiplin (istiqamah) dan sabar.

1.       Hadapi Ujian dengan Ilmu

Dalam melaksanakan shalat tahajud perlu ilmu, tidak boleh asal mengerjakan, tetapi kita harus mengerjakan shalat dengan baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”. (HR. Ibnu Majah)


2.       Hadapi Ujian dengan Semangat

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda.

إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يَقُوْلُ : يَا ابْنَ آدَمَ! تَفَرَّغْ لِعِبَادَتِيْ، أَمْلأْ صَدْ رَكَ غِنًى، وَأَسُدَّ فَقْرَكَ، وَإِنْ لاَ تَفْعَلْ مَلأْتُ يَدَكَ شُغْلاً، وَلَمْ أَسُدَّ فَقْرَكْ

“Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai anak Adam!, beribadahlah sepenuhnya kepadaKu, niscaya Aku penuhi (hatimu yang ada) di dalam dada dengan kekayaan dan Aku penuhi kebutuhanmu. Jika tidak kalian lakukan niscaya Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan tidak Aku penuhi kebutuhanmu (kepada manusia)” (HR: Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim).


3.       Jalani Ibadah dengan Istiqamah

Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” (HR: HR. Muslim no. 783)


4.       Jalani Ujian Dengan Sabar.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imron: 200).

Semoga Allah selalu memberikan kekuatan dan kesabaran kepada kita dalam menjalani ujian-Nya.


Semoga bermanfaat. Aamiin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar