PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Minggu, 10 Januari 2010

PENGANTAR IMUNOLOGI (Imunology Introduction)

Dr. Suparyanto, M.Kes

APA ITU IMUNOLOGI

  • Imunologi: Ilmu yang mempelajari tentang sistem imun tubuh
  • Sistem imun : Semua mekanisme yg digunakan tubuh sebagai perlindungan terhadap bahaya yg dpt ditimbulkan berbagai bahan dalam lingkungan hidup
  • Lingkungan: fisik, kimia, biologi

MACAM SISTEM IMUN

  1. Sistem imun alamiah/ non spesifik/ nature/ innate
  2. Sistem imun didapat/ spesifik/ adaptif/ acquired

SISTEM IMUN ALAMIAH

  • Sifat non spesifik: artinya memberikan perlindungan kepada semua bahan/lingkungan yg mengancam tubuh
  • Didapat sejak lahir
  • Respon cepat artinya tidak perlu waktu untuk mengenal antigen
  • Dibedakan 3 macam
  1. Fisik
  2. Larutan
  3. Seluler

MACAM SISTEM IMUN ALAMIAH

  1. Fisik / Mekanik
  2. Kulit
  3. Selaput lendir
  4. Silia
  5. Batuk
  6. Bersin

Larutan
  • Biokimia: Asam lambung, Saliva, Cairan vagina
  • Humoral: Komplemen, Interferon, C-Reaktif Protein

Seluler
  • Fagosit: Leukosit (Neutrofil, Eosinofil, Monosit, Makrofag)
  • Sel Nol (Large Granular Lymphocyte): Natural Killer Cell (sel NK), Killer Cell (sel K)
  • Sel Mediator: Basofil, Mastosit, Trombosit

SISTEM IMUN SPESIFIK

  • Sifat spesifik: artinya memberikan perlindungan hanya kepada jenis antigen tertentu, tidak untuk yg lainya.
  • Diperoleh dengan jalan: imunisasi, sakit, atau dari ibu lewat plasenta, ASI

  • Untuk mendapatkanya perlu waktu, artinya tubuh perlu mengenal dulu antigen tsb kemudian sel imun mengalami sensitifasi untuk memproduksi kekebalan
  • Kekebalan baru berfungsi, pada saat terpapar antigen yg kedua

MACAM SISTEM IMUM SPESIFIK

  • Humoral: Limfosit B disebut juga sel B, berfungsi membentuk antibodi
  • Seluler: Limfosit T disebut juga sel T, berfungsi membunuh virus, jamur, parasit, keganasan
  • Sistem Limfoid: Kel. Timus, Limpa, kel. Limfe (tonsil)

  • MALT (Mucosal Associated Lymphoid Tissue), banyak terdapt dalam saluran nafas, cerna, genital
  • SALT (Skin Associated Lymphoid Tissue) banyak terdapat dalam Keratinoid, melanosid, sel Langerhans, kolagen

REFERENSI

  1. Harper, Rodwell, Mayes, 1977, Review of Physiological Chemistry
  2. Colby, 1992, Ringkasan Biokimia Harper, Alih Bahasa: Adji Dharma, Jakarta, EGC
  3. Wirahadikusumah, 1985, Metabolisme Energi, Karbohidrat dan Lipid, Bandung, ITB
  4. Harjasasmita, 1996, Ikhtisar Biokimia Dasar B, Jakarta, FKUI
  5. Toha, 2001, Biokimia, Metabolisme Biomolekul, Bandung, Alfabeta
  6. Poedjiadi, Supriyanti, 2007, Dasr-Dasar Biokimia, Bandung, UI Press

3 komentar:

  1. selamat siang dok, saya seorang mahasiswa keperawatan semester 3 di salah satu universitas di jawa timur. saya mencari artikel tentang imun dan hematology yg kemudian saya menemukan blog milik dokter di google. jujur saya belum paham tentang konsep imun dan saya mencoba mempelajari artikel milik dokter ini. saya sudah mulai paham, akan tetapi saya masih belum mengerti maksud anak panah dalam artikel dokter. mohon dijelaskan lebih lanjut. terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. selamat malam dok, saya seorang mahasiswa kesehatan masyarakat semester 1 di salah satu universitas di jawa barat. saya mencari artikel tentang imun dan hematology yg kemudian saya menemukan blog milik dokter di google. jujur saya belum paham tentang konsep imun dan saya mencoba mempelajari artikel milik dokter ini. saya sudah mulai paham, akan tetapi saya masih belum mengerti maksud anak panah dalam artikel dokter. mohon dijelaskan lebih lanjut. terima kasih sebelumnya. dan tolong buat yang lebih komplit lagi karena saya sangat membutuhkannya.

    BalasHapus
  3. @Anonim: Maaf jika tanda panah membinggungkan pemahaman anda, sudah saya revisi, semoga lebih jelas dan anda bisa lebih paham. Trims

    BalasHapus