PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Minggu, 03 Januari 2010

PENGANTAR PROMOSI KESEHATAN (INTRODUCTION TO HEALTH PROMOTION)

Dr. Suparyanto, M.Kes

APA ITU PROMOSI KESEHATAN

  • Health promotion is the proses of enabling people to control and improve their health (WHO, 1986)
  • Promosi kesehatan adalah kombinasi berbagai dukungan menyangkut pendidikan, organisasi, kebijakan dan peraturan perundangan untuk perubahan lingkungan dan perilaku yang menguntungkan kesehatan (Green dan Ottoson, 1998)

  • Promosi kesehatan adalah proses pemberdayaan masyarakat agar mampu memelihara dan meningkatkan kesehataanya (Depkes)
  • Proses pemberdayaan dilakukan dengan pembelajaran yaitu upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan dalam bidang kesehatan

  • Proses pemberdayaan dilakukan: dari, oleh dan untuk masyarakat, melalui kelompok potensial, bahkan semua komponen masyarakat
  • Proses pemberdayaan dilakukan sesuai dengan sosial budaya setempat, artinya sesuai dengan keadaan, permasalahan dan potensi setempat
  • Proses pembelajaran dibarengi dengan upaya mempengaruhi lingkungan, baik fisik, non fisik, maupun kebijakan.

PERKEMBANGAN PROMOSI KESEHATAN

  • 1978 Deklarasi Alma Ata, melahirkan KESUMA (Kesehatan Untuk Semua)/HFA (Health For All) melalui PHC (Public Heath Center) , dengan HE (Health Education)/PKM (Penyuluhan Kesehatan Masyarakat) diharapkan ada perubahan perilaku masyarakat yang lebih baik
  • 1980, pendidikan.kesehatan + peningkatan kesehatan, digabung menjadi PROMKES
  • 1986, Konferesnsi Promkes Internasional di Ottawa, menghasilkan Piagam Ottawa yaitu : Advocacy, Social support, dan Empowerment (ABG)

KOMPONEN UTAMA PROMKES (PIAGAM OTAWA)

  1. Membangun kebijakan publik berwawasan kesehatan (build healthy public policy)
  2. Menciptakan lingkungan yang mendukung (create supportive environments)
  3. Memperkuat gerakan masyarakat (strengthen community action)
  4. Mengembangkan ketrampilan individu (develop personal skill)
  5. Reorientasi pelayanan kesehatan (reorient health services)

RUANG LINGKUP PROMKES

  1. Pendidikan kesehatan (Health Education) bertujuan terjadi perubahan perilaku melalui peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan
  2. Upaya Penyuluhan (Communication and Information) bertujuan penyebaran informasi
  3. Upaya Peningkatan (Promotion) bertujuan upaya pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan
  4. Upaya Advokasi Kesehatan (Health Advocation) bertujuan mempengaruhi pengambil kebijakan agar mendukung/ memperoleh komitmen
  5. Upaya Pengorganisasian Masyarakat (Community Organization), Pengembangan Masyarakat (Community Development), Penggerakan Masyarakat (Social Mobilization), Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment)

LATAR BELAKANG PROMKES

  • Kesehatan adalah hak asazi manusia
  • Kesehatan adalah investasi
  • Kesehatan adalah karunia Tuhan
  • Masalah perilaku (kebiasaan, budaya) tidak mudah diatasi
  • Promkes merupakan program unggulan, untuk mencapai Indonesia Sehat 2010

SASARAN PROMKES

  1. Rumah Tangga (Ibu, Bayi, Balita)
  2. Sekolah (Anak Sekolah)
  3. Tempat Kerja (Usia Produktif)
  4. Tempat Umum (Remaja/ Anak Muda)
  5. Sarana Pelayanan Kesehatan (Pengunjung)

STRATEGIS PROMKES

  • Disingkat ABG
  • Advokasi: upaya mempengaruhi pihak lain untuk memperoleh dukungan atau komitmen
  • Bina Suasana: upaya untuk pembentukan opini publik
  • Gerakan Pemberdayaan Masyarakat: upaya untuk membuat masyarakat sadar, mau dan mampu untuk hidup sehat

BENTUK KEGIATAN PROMKES

  • Pemberdayaan Masyarakat
  • Pengembangan Kemitraan
  • Upaya Advokasi
  • Pembinaan Suasana
  • Pengembangan Sumber Daya Manusia
  • Pengembangan Iptek
  • Pengembangan Media dan Sarana
  • Pengembangan Infra Struktur (Sektretariat, Tim)

PENYELENGGARAAN PROMKES

  • Pengkajian tentang masalah perilaku dan penyebab
  • Perencanaan yang terdiri kegiatan, tujuan, sasaran, indikator
  • Penggerakan Pelaksanaan yang siap sesuai rencana
  • Pemantauan, melakukan perbaikan yg tidak sesuai rencana
  • Penilaian, melakukan perbaikan rencana yang akan datang
  • Pelaporan tentang semua proses yang dicapai

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar