PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Sabtu, 03 Desember 2011

KERANGKA KONSEP GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG IMUNISASI DASAR LENGKAP DI POSYANDU

Dr. Suparyanto, M.Kes

KERANGKA KONSEP GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG IMUNISASI DASAR LENGKAP DI POSYANDU

TEORI

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGETAHUAN
  • Setiap individu memiliki koping stress sendiri, faktor individu yang mempengaruhi pengetahuan seseorang ada dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yakni faktor yang ada dan dimiliki seseorang Dan faktor eksternal adalah faktor dari luar yang mempengaruhi seseorang akan prilaku dan proses hidup seseorang.
a. Faktor Internal

1. Umur
  • Umur akan mempengaruhi tingkat kematangan seseorang. Dimana semakin cukup umur maka tingkat pengetahuan yang dimiliki semakin meningkat.
2. Intelegensi
  • Intelegensi merupakan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan, beradaptasi dengan situasi-situasi baru atau menghadapi situasi-situasi beragam (Desmita, 2006).
b. Faktor Eksternal

1. Lingkungan
  • Lingkungan sekitar akan mempengaruhi pengetahuan yang dimiliki oleh individu. Jika seseorang hidup dilingkungan yang selalu berusaha meningkatkan pengetahuannya (suka belajar) maka individu tersebut akan gemar belajar sehingga pengetahuan yang dimiliki bertambah.
2. Sosial budaya
  • Seseorang memperoleh suatu kebudayaan dalam hubungannya dengan orang lain, karena hubungan ini seseorang mengalami proses belajar dan memperoleh suatu pengetahuan.
3. Pendidikan
  • Menurut Redja tahun 2008 menyatakan bahwa pendidikan mempunyai arti luas dan sempit, yaitu :
  1. Arti luas pendidikan adalah segala situasi dalam segala kehidupan yang mempengaruhi pertumbuhan seseorang, pendidikan adalah pengalaman belajar.
  2. Arti sempit pendidikan adalah sekolah atau persekolahan. Sekolah adalah lembaga pendidikan formal sebagai salah satu hasil rekayasa dari peradaban manusia.
4. Informasi
  • Pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang juga dipengaruhi oleh informasi. Semakin banyak orang menggali informasi baik dari media cetak maupun media elektronik maka pengetahuan yang dimiliki semakin meningkat.
5. Pengalaman
  • Sikap akan lebih mudah terbentuk apabila pengalaman pribadi tersebut terjadi dalam situasi yang melibatkan emosi, perasaan, pengalaman akan lebih mendalam dan lama membekas (Saifudin, 2008).
6. Motivasi
  • Motivasi adalah kecenderungan yang timbul pada diri seseorang secara sadar maupun tidak sadar melakukan tindakan dengan tujuan tertentu atau usaha-usaha yang menyebabkan seseorang atau kelompok orang tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang di kehendaki (Poerwodarminto, 2008).

KERANGKA KONSEP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar