PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Rabu, 25 November 2009

UNSUR POKOK MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN (ELEMENTS OF HEALTH SERVICES MANAGEMENT)

Dr. Suparyanto, M.Kes

MANAJEMEN KESEHATAN menurut: Komisi Pendidikan Administrasi Kesehatan Amerika Serikat

Suatu proses yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian dan penilaian terhadap sumber, tatacara dan kesanggupan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan terhadap kesehatan, perawatan kedokteran serta lingkungan yang sehat dengan jalan menyediakan dan menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan yang ditujukan kepada perseorangan, keluarga, kelompok dan atau masyarakat

UNSUR POKOK MANAJEMEN

Berdasar definisi (Komisi Pendidikan Administrasi Kesehatan Amerika Serikat) ditemukan 5 faktor pokok yang berperan penting dalam menetukan keberhasilan manajemen kesehatan, 5 unsur pokok manajemen kesehatan adalah: masukan (input), proses (process), keluaran (output), sasaran (target) serta dampak (impact)

INPUT

Input (masukan) adalah segala sesuatu yg dibutuhkan untuk dapat melaksanakan pekerjaan manajemen
Menurut (Komisi Pendidikan Administrasi Kesehatan Amerika Serikat) input ada 3 macam:
  1. Sumber (resources)
  2. Tatacara (prosedures)
  3. Kesanggupan (capacity)

Sumber (resources) adalah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk menghasilkan barang atau jasa
Sumber (resources) dibagi 3 macam:
1.Sumber tenaga (labour resources): dibedakan
a.Tenaga ahli (skilled): dokter, bidan, perawat
b.Tenaga tidak ahli (unskilled): pesuruh, penjaga

2.Sumber modal (capital resources), dibedakan
a.Modal bergerak (working capital): uang, giro
b.Modal tidak bergerak (fixed capital): bangunan, tanah, sarana kesehatan

3.Sumber alamiah (natural resources) adalah segala sesuatu yang terdapat dialam yang tidak termasuk sumber tenaga dan sumber modal

Tatacara (procedures): adalah berbagai kemajuan ilmu dan teknologi kesehatan yang dimiliki dan yang diterapkan
Kesanggupan (capacity): adalah keadaan fisik, mental dan biologis tenaga pelaksana

Menurut Koontz: input manajemen ada 4: Man, Capacity, Managerial, Technology
Untuk organisasi yang tidak mencari keuntungan, macam input ada 4M: Man, Money, Material, Method
Untuk organisasi yang mencari keuntungan, macam input ada 6M: Man, Money, Material, Method, Machinery, Market

PROSES

Proses (process) adalah langkah2 yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan
Proses dikenal dengan nama fungsi manajemen
Pada umumnya proses dan ataupun fungsi manajemen merupakan tanggung jawab pimpinan

Macam fungsi manajemen:
  1. Menurut (Komisi Pendidikan Administrasi Kesehatan Amerika Serikat) ada 6: Planning, Organizing, Directing, Controlling, Coordinating, Evaluation (PODCCE)
  2. Menurut Freeman ada 6: Planning, Actuating, Coordinating, Guidance, Freedom, Responsibility (PACGFR)
  3. Menurut George R. Terry ada 4: Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC)
  4. Menurut Barton ada 8: Planning, Organizing, Staffing, Budgeting, Implementing, Coordinating, Reporting, Evaluation (POSBICRE)
  5. Menurut Luther M. Gullick ada 7: Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, Budgeting (POSDCoRB)
  6. Menurut Hendry Fayol ada 5: Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controling (POCCC)

Fungsi manajemen yang utama:
  1. Planning: termasuk penyusunan anggaran belanja
  2. Organizing: termasuk penyusunan staff
  3. Implementing: termasuk pengarahan, pengkoordinasian, bimbingan, penggerakan dan pengawasan
  4. Penilaian: termasuk penyusunan laporan

OUTPUT

Output: adalah hasil dari suatu pekerjaan manajemen
Untuk manajemen kesehatan, output dikenal dengan nama pelayanan kesehatan (health services)
Macam pelayanan kesehatan: Upaya kesehatan perorangan (UPK) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)

SASARAN

Sasaran (target group)adalah kepada siapa output yang dihasilkan, yakni upaya kesehatan tsb ditujukan
  1. UKP untuk perseorangan
  2. UKM untuk masyarakat (keluarga dan kelompok)
Macam sasaran:
  1. Sasaran langsung (direct target group)
  2. Sasaran tidak langsung (indirect target group)

IMPACT

Dampak (impact) adalah akibat yang ditimbulkan oleh output
Untuk manajemen kesehatan dampak yang diharapkan adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan
Peningkatan derajat kesehatan dapat tercapai jika kebutuhan (needs) dan tuntutan (demands) perseorangan/masyarakat dapat dipenuhi

KEBUTUHAN KESEHATAN (HEALTH NEEDS)

Kebutuhan kesehatan (needs) bersifat obyektif, karena itu pemenuhanya bersifat mutlak
Kebutuhan kesehatan sangat ditentukan oleh masalah kesehatan di masyarakat
Masalah kesehatan perorangan/keluarga yang terpenting adalah penyakit yang diderita
Masalah kesehatan masyarakat adalah status kesehatan masyarakat

Menurut Gordon dan Le Right (1950) penyakit/status kesehatan ditentukan oleh 3 faktor: Host, Agent dan Environment
Upaya untuk menemukan kebutuhan masyarakat, perhatian harus ditujukan pada ketiga faktor tsb
Apabila penyebab penyakit diketahui baru dilanjutkan dengan tindak lanjut (solusi)

TUNTUTAN KESEHATAN (HEALTH DEMANDS)

Tuntutan kesehatan (health demands) pada dasarnya bersifat subyektif, karena itu pemenuhanya bersifat fakultatif
Tuntutan kesehatan yang subyektif dipengaruhi oleh latar belakang individu (pendidikan, ekonomi, budaya dsb)
Tuntutan kesehatan sangat dipengaruhi oleh teknologi kedokteran

CONTOH; NEEDS - DEMANDS

Kebutuhan: sembuh , Tuntutan: Bidan, Dokter umum, Dokter spesialis
Kebutuhan: lahir normal , Tuntutan: Bidan, Dokter umum, Dokter spesialis
Kebutuhan: rawat inap , Tuntutan: Klas 3, Klas 2, Klas 1, Pavilyun
Kebutuhan: mengetahui DJJ , Tuntutan: funanduskop, Doppler, USG

REFERENSI:
1. Gibson, 1996, Organisasi,Perilaku, Struktur, Proses, Jakarta, Binarupa Aksara
2. Thoha, 2003, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada
3. Koontz, 1996, Manajemen, Jakarta, Erlangga
4. Handoko, 1985, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Yogyakarta, Liberty
5. Hanafi, 1997, Manajemen, Yogyakarta, UPP AMP YKPN
6. Siagian, 2002, Manajemen Sumberdaya manusia, Jakarta, Bumi Aksara
7. Sutarto, 2002, Dasar-dasar Organisasi, Jogjakarta, Gadjah Mada University Press


.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar