PERINGATAN

Dilarang meng-copy materi dari blog ini, tanpa mencantumkan nama penulis dan alamat web (URL). Terima Kasih

Selasa, 02 Januari 2018

BERPEGANG TEGUH PADA SYARIAT ALLAH DEMI PERSATUAN



BERPEGANG TEGUH PADA SYARIAT ALLAH DEMI PERSATUAN

Yan Karta Sakamira
2 Januari 2018

Persatuan yang kompak dan kokoh hanya bisa digalang dengan cara berpegang teguh pada Al Qur’an daqn Sunnah Rasulullah.

Allah berfirman:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Dan berpegang teguhlah kalian denagan tali (agama) Allah, jangan janganlah kalian bercerai-berai, dan ingtlah akan nikmat Allah kepada kalian, tatkala kalian dahulu (semasa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah menjinakan antara hati kalian, lalu menjadilah kalian karena nikamat Allah orang-orang yang bersaudara, dan kalian telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kalian darinya. Demikian Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kalian, agar kalian mendapat petunjuk”.  (Surat Ali Imran: 103)

Allah berfirman:

وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (153)

“Dan sesungguhnya ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah ia, dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kalian dari jalan-Nya. Yang demikian itu di[perintahkan Allah kepada kalian agar kalian bertaqwa”. (Surat al-An’am: 153)

Rasulullah bersabda:

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

“Aku tinggalkan kepada kalian dua perkara, jika kalian berpegang teguh pada keduanya, maka kalian tidak akan sesat selamanya yaitu Kitabullah dan Sunnahku”. (HR: Hakim).

Sumber: Musthafa al-Bugho, Pokok-Pokok Ajaran Islam, Alam Books Publishing, Depok, 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar